Pages

Opera Dragonfly Siap Akrabi Pengembang Web


Mozilla Firefox adalah peramban yang paling digemari pengguna internet di Indonesia, termasuk oleh para pengembang dan desainer web.
Alasannya, Firefox kaya akan ekstensi dan add-ons yang memudahkan mereka merangkai dan menyunting kode-kode bahasa pemprograman web, lalu melihat tampilannya secara gamblang – langsung di dalam peramban.
Enggan kalah dengan si rubah api, Opera baru-baru ini meluncurkan fitur serupa di perambannya. Mengusung nama Dragonfly (capung), fitur ini adalah upaya Opera untuk lebih merangkul para pengembang web.
Opera Dragonfly memuat berbagai koleksi perangkat untuk membuat desain dan pengembangan web yang lebih cepat, lebih pintar, dan lebih mudah.
                       
Tiga perangkat penting di antaranya adalah: DOM inspector (untuk menjelajahi dan memperbaiki dokumen secara langsung); Perbaikan JavaScript (memungkinkan pengembang masuk ke dalam kode dengan kondisi terpisah, inspeksi properti yang mendalam, dan menyaksikan perubahan JavaScript menjadi lebih baik); serta Periksa kapasitas jaringan, sumber daya, dan penyimpanan (untuk menunjukkan cara situs anda berjalan, cara cookies dan HTML5 Web Storage bekerja, dan cara sumber daya berakibat pada kemampuan situs).
“Opera Dragonfly lebih mulus, lebih bagus, dan lebih menakjubkan dari rilis kami sebelumnya. Cobalah sendiri dan lihat jika hal ini dapat membuat hari anda menjadi lebih baik,” ucap David Storey (Chief Web Opener dan Produk Manager untuk Opera Dragonfly) mengundang para pengembang web.
Sekadar Anda tahu, Chief Technology Officer Opera, HÃ¥kon Wium Lie, ialah pencipta Cascading Style Sheets (CSS), sehingga bisa dipastikan Opera “menyukai”  para pengembang.
Opera Dragonfly juga bukan hanya bersahabat bagi web versi desktop, melainkan juga untuk mobile web. Jika pengembang ingin mengoreksi tampilan situs di ponsel, cukup aktifkan panduan koreksi. Opera Dragonfly akan terhubung dengan Opera Mobile dan membiarkan pengembang mengoreksi secara langsung pada perangkat apapun – ponsel, tablet, TV, dan komputer
Opera Dragonfly juga dapat berfungsi sebagai indikator peramban lain untuk membantu kesesuaian antarplatform.
Penasaran ingin segera menjajal si capung? Cukup klik kanan pada laman peramban Opera dan pilih “Inspect Element”. Sangat mudah, kan?

0 komentar:

Posting Komentar

Update